Daripada Buang Waktu, Mending Ubah Hobi Desainmu Menjadi Cuan dengan 5 Situs Jualan Desain Ini

Daripada Buang Waktu, Mending Ubah Hobi Desainmu Menjadi Cuan dengan 5 Situs Jualan Desain Ini

Smallest Font
Largest Font

Harazakida.com - Apakah kamu salah satu pecinta desain? Hobi desain dan membuat gambar atau ilustrasi digital? 

Daripada cuma disimpan di galeri saja, lebih baik jual desain kamu di beberapa situs ini :

1. Fiverr

Situs penjualan desain grafis yang pertama yaitu Fiverr. Berawal dari developer yang menamakan Fiverr karena desain yang dijual berharga minimal 5 dolar (Five dolar) sehingga dinamakan menjadi Fiverr. 

Di situs ini kamu bisa menjual desain dan promosi jasa desain ke para pengunjung situs ini. Biasanya jasa yang dibutuhkan selain desain ilustrasi yaitu jasa pembuatan logo, resume, poster, dan lain-lain.

Jika kamu menjual desain dan menawarkannya di situs ini, maka cuan yang kamu dapatkan besar karena jika dirupiahkan untuk satu penjualan saja mendapatkan 5 dolar minimal per desain atau setara dengan Rp 75.000 apabila dirupiahkan. Tentu untung bukan?

Kamu juga bisa menawarkan paket yang lebih mahal jika kamu merasa harga jasa paket desain yang kamu buat tidak sebanding dengan harga 5 dolar. Kamu bisa mematok harga dari 10 sampai 25 dolar.

Namun perlu adanya riset juga berbagai desain yang telah terjual disini, sehingga kamu bisa membuat ide desain yang lebih menarik dan beda dari yang lain.

2. Upwork

Situs jual desain selanjutnya yaitu Upwork  Walaupun kurang lebih cara kerjanya sama dengan Fiverr, namun proses verifikasi di situs ini lebih terbilang cukup rumit, dimana kamu perlu mengunggah foto wajah asli, input riwayat pendidikan dan pekerjaan hingga pernyataan pajak, serta macam-macam info yang diperlukan agar lolos verifikasi.

Selain itu, proses dari verifikasi tidak sampai disitu saja. Pihak developer akan melakukan seleksi dengan memeriksa contoh portofolio desain yang kamu lampirkan dan yang terjadi adalah 2 kemungkinan, apakah karya kamu disetujui atau tidak.

Jika tidak, maka kamu tidak bisa lanjut untuk menawarkan jasa di situs ini. Biasanya untuk verifikasi memakan waktu 24 jam. 

Kendati demikian proses seleksi dan verifikasi yang dibuat serumit itu ditujukan agar calon freelancer yang tergabung dalam situs tersebut merupakan freelancer yang profesional sehingga dapat dipercaya oleh para klien.

3. Sribulancer 

Sistem yang diterapkan di situs ini sedikit berbeda dengan situs freelancer lainnya, Sribu menetapkan konsep sayembara di mana para klien yang terlebih dahulu menawarkan pekerjaan yang mereka butuhkan, baru setelah itu kita mencoba membuat desain sesuai kebutuhan dan setelah masa sayembara tutup, sang klien akan memilih salah satu desain yang menjadi pemenang sayembara. 

Jika sistemnya seperti itu, kemungkinan untuk mendapatkan cuan terbilang sedikit sulit. Karena banyaknya saingan yang ikut mengerjakan desain dari seorang klien yang sama.

Namun tak perlu khawatir, jika kamu bisa mengolah desain menjadi lebih menonjol dan menarik maka terpilihnya kamu sebagai pemenang sayembara bukan hal yang sulit.

4. 99designs

Kurang lebih sama seperti situs penjualan desain seperti Sribulancer, 99designs juga menjadi situs penyedia jasa freelancer yang berfokus menawarkan  jasa desain grafis.

Cara kerjanya sama, klien akan membuat kontes sayembara dan mendapatkan submisi desain dari berbagai desainer dari seluruh dunia. Klien juga bisa mencari desainer yang tepat bagi proyek mereka lewat fitur pencarian yang komplit.

 Oleh karena itu, perbanyaklah portofolio yang akan kamu unggah di situs ini. Semakin banyak, maka semakin besar peluang untuk kamu direkrut sebagai desainer salah satu klien.

5. Dribble

Situs penjualan desain yang terakhir yaitu Dribble. Kunci untuk menjadi desainer disini yaitu sama seperti yang lain, perbanyak portofoliomu agar kamu bisa berkesempatan untuk mendapatkan pekerjaan menjadi desainer Dribbble.

Banyak tawaran yang diberikan di situs ini. Kamu bisa memilih proyek desain apakah ingin full time atau part time. Selain itu jika kamu memiliki banyak kemampuan dan keahlian serta pengalaman yang sudah kamu lakukan berhubungan dengan desain baik itu dalam kepanitiaan maupun organisasi, sangat direkomendasikan untuk dicantumkan sehingga memberikan peluang besar untuk kamu menerima tawaran pekerjaan.

Itulah 5 situs penjualan desain online yang bisa membantu mengubah hobi desainmu menjadi cuan, semoga bermanfaat dan membantu ya!

Sumber : fiverr.com

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow