Lolos Tahap Wawancara? Berikut Tips Menjawab Pertanyaan HRD Saat Wawancara

Lolos Tahap Wawancara? Berikut Tips Menjawab Pertanyaan HRD Saat Wawancara

Smallest Font
Largest Font

Harazakida.com - Tahap wawancara menjadi tahapan yang krusial dalam proses rekrutmen karyawan pada suatu perusahaan. Biasanya tahapan ini dilakukan ketika kamu dinyatakan lolos seleksi tahapan administrasi.

Adanya tahap wawancara ini akan membuat HRD atau rekruiter menjadi lebih mengenal kepribadian kamu.

Di tahapan ini, sebisa mungkin tonjolkan keunggulan yang kamu miliki.

Bisa dengan menunjukkan prestasi-prestasi yang sudah kamu raih, pencapaian kerja, dan lain sebagainya yang membuat HRD tertarik untuk meloloskan kamu di tahapan ini. 

Namun dalam tahap wawancara, untuk menjawab pertanyaan demi pertanyaan yang diajukan oleh HRD tentu harus dengan kalimat yang tertata dan bisa dipahami dengan baik. 

Walaupun kamu menonjolkan prestasi dan pencapaian kamu secara mendetail, tapi jika HRD tidak paham terhadap apa yang kamu sampaikan, maka hal tersebut menjadi poin minus dan justru membuat HRD malas untuk mendengarkan jawaban kamu selanjutnya.

Mau tahu bagaimana cara menjawab pertanyaan wawancara yang benar? Simak selengkapnya!

1. Kenapa Tertarik Melamar Pekerjaan Ini?

Jangan terjebak dengan pertanyaan interview seperti ini. Pertanyaan ini diajukan untuk mencari seberapa besar motivasi Anda sesungguhnya. 

Contoh : "Alasan saya melamar pekerjaan ini yaitu karena saya memiliki minat yang kuat dan saya rasa pekerjaan ini sesuai dengan potensi yang saya miliki untuk meningkatkan dan menyalurkan hal baik untuk perusahaan. di samping itu saya juga lulusan dari S1 Jurusan Biologi Universitas X sehingga berdasarkan latarbelakang yang saya miliki saya yakin untuk melamar disini"

Hindari untuk menjawab dengan alasan gaji atau suasana lingkungan kerja dan menyebutkan ketidaknyamanan di perusahaan kamu sebelumnya. Dalam kata lain jangan melibatkan perasaan pribadi dalam menjawab pertanyaan itu.

2. Sejauh Mana Anda Tahu Posisi yang Dilamar Sekarang?

Jika pertanyaannya seperti ini, maka kamu harus menjelaskan lebih tentang apa yang kamu tahu soal posisi yang kamu lamar. Jika kamu mendaftar atau melamar di bidang yang kamu sukai atau kamu punya passion di bidang tersebut tentu menjawab pertanyaan ini seharusnya tidak dirasa sulit. 

Contoh : "Pada posisi Graphic Designer yang pernah saya lakukan sebelumnya, tugas seorang Graphic Designer diantaranya yaitu seperti membuat desain baik itu desain logo, ilustrasi, dan lain-lain. Selain itu di bidang ini juga saya membuat elemen grafis yang khas untuk tiap kegiatan suatu perusahaan. Sehingga apabila nanti saya diberikan kesempatan untuk bergabung dalam perusahaan ini, saya akan melakukan inovasi terhadap konsep desain apa yang akan kerjakan dan bisa meningkatkan kemajuan perusahaan"

3. Apa Yang Bisa Anda Berikan Untuk Perusahaan? 

Pertanyaan interview seperti ini juga sudah umum ditanyakan oleh banyak HRD perusahaan. Kamu bisa mengaitkan dengan pengalaman atau ilmu yang kamu miliki dengan harapan ketika kamu bekerja di tempat baru. Jangan menjanjikan sesuatu yang kamu sendiri tidak bisa atau tidak yakin bisa melakukannya.

Contoh: "Karena saya memiliki pengalaman di bidang yang sama sebelumnya dan lulus dari jurusan yang relevan, saya akan memaksimalkan potensi saya di dalam perusahaan, memberikan inovasi dan bekerja keras demi kemajuan perusahaan. Saya harap apabila saya terpilih nanti saya dapat mengeksplorasi dan banyak membantu perusahaan ini" 

4. Apakah Ada Yang Ingin Ditanyakan?

Biasanya HRD akan menanyakan hal tersebut ketika sudah ada di akhir sesi wawancara. Pertanyaan ini  bisa menjadi momentum untuk menunjukkan antusiasme dan motivasi positif kamu atau dengan kata lain memberikan kesan positif.

Kamu bisa memberi jawaban dengan pertanyaan-pertanyaan seputar  peraturan yang ada di perusahaan tersebut dan sistem perusahaan yang sedang mewawancarai kamu saat ini seperti "benefit apa saja yang saya dapatkan jika diterima bekerja disini?", "berapa lama jam istirahat yang diberikan?", "apakah ada uang lembur?". Berikan pertanyaan yang memang benar-benar ingin kamu  ketahui.

Setelah selesai menjawab pertanyaan interview dan ternyata kamu lolos sebagai salah satu karyawan perusahaan yang kamu lamar, ada baiknya untuk merencanakan keuangan atau gaji kamu untuk masa mendatang. 



Sumber : cimbniaga.co.id

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Daisy Floren
Donna Hettinger Administrator

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow