Tidak Hanya Hardskill, 5 Softskill Ini Menjadi Bekal Dasar Pekerjaan di Masa Kini dan Masa Depan

Tidak Hanya Hardskill, 5 Softskill Ini Menjadi Bekal Dasar Pekerjaan di Masa Kini dan Masa Depan

Smallest Font
Largest Font

Harazakida.com - Soft skill menjadi hal yang penting untuk kamu kuasai. Jika kamu hanya menguasai hard skill saja tanpa mengasah soft skill atau dalam kata lain kamu mengalami skill issue, maka kamu akan kesulitan menyesuaikan diri dengan pekerjaanmu karena kemampuan berkomunikasi dan keahlian dasar dari kepribadianmu juga sangat berpengaruh terhadap jalannya suatu perusahaan.

Memang menguasai soft skill tanpa hard skill pun juga tidak akan membantu kamu mendapatkan pekerjaan, namun saling melengkapi keduanya akan lebih baik dan membuat posisi kamu di perusahaan semakin dihargai dan dihormati. 

Hard Skill penting untuk proses eksekusi pekerjaan yang dilakukan sesuai bidang, sedangkan soft skill penting untuk proses berkomunikasi dan kerja tim, baik ketika rapat maupun mendiskusikan proyek perusahaan.

Berikut 5 Soft skill yang wajib kamu create lebih dan kuasai dalam bekerja maupun di berbagai kegiatan yang mengharuskan kamu terlibat dengan banyak orang.

1. Kreativitas

Soft skill pertama yang wajib kamu kuasai yaitu kreativitas. Di tahun ini, banyak perusahaan yang ingin mengembangkan sebuah inovasi dan menciptakan sesuatu yang baru untuk kemajuan perusahaan. Sehingga dengan adanya skill ini, kamu bisa menyalurkan pendapatmu untuk lebih kreatif mengembangkan perusahaan tempat kamu berkerja. 

Selain menciptakan suatu inovasi, menjadi pribadi yang solutif juga akan sangat membantu perusahaan jika sedang menghadapi suatu permasalahan. Melalui kreativitas yang kamu miliki, kamu bisa memecahkan masalah perusahaan dengan ide-ide yang kamu utarakan.

2. Berpikir analitis

Soft skill berikutnya yang harus kamu kuasai yaitu berpikir analitis. Berpikir analitis artinya kamu bisa berpikir secara mendalam dan sistematis untuk merencanakan suatu pekerjaan atau proyek perusahaan yang akan dilakukan. 

Skill ini terdiri dari kemampuan untuk memeriksa, menafsirkan, dan mendapatkan insight dari data yang didapatkan.

Secara rincinya, dengan skill ini kamu akan mampu untuk: 

  • Melakukan problem solving untuk memecahkan masalah yang rumit
  • Membuat evaluasi terhadap masalah yang terjadi dengan logis
  • Memutuskan segala bentuk diskusi yang tepat berdasarkan bukti dan logika

3. Komunikasi

Soft skill paling penting dan membuatmu akan selalu dihargai dan dipertahankan oleh perusahaan jika kamu memilikinya yaitu kemampuan komunikasi. Bukan hanya untuk saat ini maupun masa mendatang, dari dulu soft skill ini memang menjadi salah satu tuntutan perusahaan untuk merekrut karyawannya. 

Kemampuan komunikasi yang baik akan mendorong kamu untuk bisa menyampaikan pesan secara efektif ke setiap orang tanpa menciptakan kata yang ambigu sehingga dapat dimengerti oleh sesama rekan perusahaan kamu maupun ke konsumen (klien).

Jika kemampuan komunikasimu sudah banyak diakui atau menjadi seorang public speaker, maka hal tersebut akan mempermudah kamu untuk berkomunikasi dengan platform kecerdasan buatan seperti AI. 

4. Networking

Selanjutnya yaitu skill networking, skill ini akan menuntutmu untuk bisa menjalin pertemanan atau merangkul rekan sesama kerja di perusahaan tempat kamu bekerja. Dengan adanya networking ini kamu bisa memperbanyak relasi dan hal itu akan sangat membantumu jika suatu saat membutuhkan saran atau solusi terhadap masalah yang kamu alami kedepannya. Mempunyai skill ini membuatmu bisa “berteman” dengan orang yang tepat. Dalam dunia kerja, jelas hal tersebut bisa mendukung kariermu.

Koneksi dan hal profesional lain juga bisa kamu bangun dengan adanya skill networking yang baik, membantu kamu mengembangkan dirimu sendiri dengan bantuan yang diberikan oleh relasi kamu. 

5. Problem solving

Terakhir soft skill yang tidak kalah penting yaitu problem solving. Kemampuan problem solving yang baik akan menuntut kamu supaya bisa mengidentifikasi masalah dan memikirkan solusi untuk menyelesaikannya.

Di sisi lain, problem solving yang dibarengi dengan kemampuan kreativitas dan berpikir kritis akan semakin mempermudah kamu untuk memecahkan suatu masalah dengan baik dan menerapkan logika serta penalaran ketika menyelesaikannya.

So, itulah 5 soft skill yang perlu atau bahkan wajib kamu kuasai untuk terciptanya karir yang cemerlang di masa depan, sudah siap untuk meningkatkan soft skill

Sumber: glints.com



Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Daisy Floren
Donna Hettinger Administrator

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow