Sulit Lolos Tahap Interview? Bisa Jadi Cara Perkenalan Diri Yang Salah!

Sulit Lolos Tahap Interview? Bisa Jadi Cara Perkenalan Diri Yang Salah!

Smallest Font
Largest Font

Harazakida.com - Dalam melamar suatu pekerjaan tidak akan jauh dari yang namanya CV (Curriculum Vitae) atau riwayat hidup. Tidak ada perusahaan yang tidak meminta CV jika mereka membuka rekruitmen karyawan yang baru. 

Terlihat remeh dan simpel jika kita sudah tahu apa saja yang tercantum di CV. Sehingga beberapa pelamar tidak terlalu mementingkan keberadaan CV ini dan asal mengumpulkannya.

Namun ketika nantinya kamu mengumpulkan file CV yang asal-asalan tanpa memperhatikan setiap detail dari poin-poinnya, maka kemungkinan besar kamu tidak akan lolos ke tahapan selanjutnya yaitu tahapan interview. 

Atau misal kamu sudah memperhatikan tiap detil poin seperti pekerjaan, pengalaman, pendidikan, dan lain-lain tapi tidak memperdulikan poin perkenalan diri, pas kamu submit CV kamu dan ternyata tetap tidak lolos bisa jadi itu juga dari poin perkenalan diri kamu yang mungkin terlihat kurang menarik bagi perusahaan yang merekrut kamu.

Perkenalan diri tidak hanya penting untuk proses interview, namun menjadi poin kunci dari kelolosan tahap seleksi administrasi. Perusahaan rekruiter akan melihat seberapa baik dan menariknya kamu dalam mengenalkan dirimu di dalam tulisan yang ada di CV.

Poin penting yang harus kamu cantumkan di bagian perkenalan diri diantaranya yaitu nama, passion, prestasi, pencapaian, dan komitmen kamu untuk menjadi kandidat dari suatu perusahaan. 

Lebih jelasnya, simak 5 contoh perkenalan CV yang baik berikut :

  1. Melamar di posisi content writer

“Saya adalah orang yang tekun dan terbiasa membuat konten seperti artikel, video, atau gambar untuk media sosial. Selama satu tahun bekerja saya berperan untuk meningkatkan traffic website sebesar 50%.

Saya juga memiliki kreativitas tinggi yang berperan penting dalam meningkatkan keterampilan leadership sehingga saya bisa mencari solusi saat ada kendala.”

  1. Pelamar Fresh Graduate

Jika pelamar yang sudah memiliki pengalaman di bidang pekerjaan tertentu saja masih susah untuk lolos di tahapan CV, bagaimana dengan seorang pelamar yang masih Fresh Graduate? Tenang, ini contoh perkenalan diri yang bisa dicantumin di CV untuk kamu yang masih berstatus Fresh Graduate:

 “Saya adalah lulusan S1 Biologi yang berpengalaman dalam mengikuti berbagai organisasi kemahasiswaan dan kepanitiaan.

Berdasarkan hasil dari usaha dan kerja keras saya selam ini, saya berhasil mendapat predikat cumlaude dengan IPK 3.75. Selain mengikuti kegiatan organisasi, saya juga  mengikuti beberapa lomba menulis artikel ilmiah dan pernah menjadi volunteer berbagai kegiatan sosial".

  1. Melamar di Posisi Accounting Manager

"Saya merupakan seorang accounting manager yang berpengalaman di bidang akuntasi industri real estate dan marketing selama 10 tahun.

Saya menguasai berbagai pengetahuan terkait akuntansi seperti akuntansi umum, payroll, budgeting, dan pembukuan. Saya juga andal dalam menerapkan praktik dan prosedur auditing yang inovatif untuk meningkatkan efisiensi dan kemajuan perusahaan“

  1. Pelamar Lulusan S2

“Saya merupakan lulusan S2 Ilmu Komputer Universitas Ternama dengan pengalaman internship di salah satu fintech terbaik di Indonesia. Memiliki beberapa proyek perancangan software bersama rekan-rekan di kampus untuk bisnis pengiriman uang dan identifikasi pemerima.

Saya sendiri adalah seseorang yang rajin, tekun, dan dapat diandalkan, serta suka bekerja sama dengan tim dan selalu tepat waktu. Saya pun dapat menyumbang berbagai inovasi menarik.”

  1. Melamar di Posisi Desainer Grafis

"Saya dari lulusan S1 Desain Grafis dari Universitas Desain Ternama. Berpengalaman lebih dari 3 tahun dalam dunia graphic design. Menguasai beragam software seperti Adobe Illustrator, CorelDRAW, Adobe Photoshop.

Berpengalaman dalam pembuatan storyboard, mock-up, dan visual untuk berbagai kebutuhan pemasaran. Seseorang yang sangat ambisius, teliti, dan terdorong untuk membuat inovasi menarik bagi perusahaan.”



Nah itu tadi beberapa contoh perkenalan diri yang baik dan bisa kamu cantumkan di CV. Semoga bermanfaat ya!

Sumber : kabar24.bisnis.com

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Daisy Floren
Donna Hettinger Administrator

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow