Dinilai Prospek Kerja dan Gajinya Rendah, Beberapa Jurusan Ini Mungkin Sepi Peminat dan Sulit Dapat Pekerjaan 

Dinilai Prospek Kerja dan Gajinya Rendah, Beberapa Jurusan Ini Mungkin Sepi Peminat dan Sulit Dapat Pekerjaan 

Smallest Font
Largest Font

HARAZAKIDA.com - Salah satu tahapan buat kamu bisa masuk ke perguruan tinggi yaitu memilih jurusan.

Jurusan atau yang disebut juga sebagai program studi ini bermacam-macam tergantung minat dari masing-masing calon mahasiswa.

Program studi tersebut dinaungi oleh fakultas yang menaunginya, misal program studi akuntansi ada di Fakultas Ekonomi. 

Namun tidak semua jurusan itu bisa mendatangkan karir yang baik untuk kamu jika nanti kamu sudah lulus.

Beberapa jurusan ini terbilang sulit untuk mendapatkan karir yang sesuai dengan keahlian yang dimiliki dengan kata lain lowongan kerja berjumlah lebih sedikit daripada jumlah lulusan yang membutuhkan pekerjaan.

Sehingga banyak mahasiswa yang menyesal sudah terlanjur masuk di salah satu dari beberapa jurusan tersebut.

Berikut ini beberapa jurusan yang lulusannya dinilai akan sulit mendapatkan pekerjaan. 

1. Biologi

Siapa sangka jurusan ini ternyata akan sulit mendatangkan pekerjaan untuk lulusannya. Karena bidang ilmunya yang terbilang terlalu umum, sehingga pada lowongan pekerjaan yang ada kebanyakan tidak mencantumkan persyaratan lulusan S1 Biologi.

Walaupun dari segi ilmunya memang sulit untuk dipelajari dan ternyata juga sulit untuk diterapkan untuk banyak pekerjaan kecuali sebagai ilmuwan, namun jika kamu melanjutkan pendidikan profesi atau lanjut S2, maka bisa jadi peluang kamu mendapatkan pekerjaan lebih besar, bisa menjadi dosen atau keprofesian yang terkait bidang kesehatan atau keguruan.

2. Sastra dan Bahasa

Jurusan yang satu ini juga dinilai tak banyak dicari oleh perusahaan. Kebanyakan pekerjaan yang didapatkan oleh lulusan jurusan ini yaitu menjadi sastrawan, penulis, kritikus, ataupun guru.

Persentase pengangguran dari jurusan ini mencapai 9,2%. Padahal seorang penulis dan kritikus juga seharusnya banyak dibutuhkan oleh beberapa bidang pekerjaan seperti hukum, penulis cerita fiksi, dan lain sebagainya.

3. Sejarah

Mahasiswa lulusan dari jurusan ini juga kurang diminati dan cenderung sulit mendapatkan pekerjaan.

Hampir sama dengan jurusan antropologi, angka pengangguran di dunia dari lulusan jurusan ini pun masih tinggi.

Persentase penganggurannya mencapai 10,2%. Kecuali apabila dilanjutkan dengan kuliah profesi di bidang pendidikan dan lain sebagainya, mungkin itu bisa menjadi peluang baru dan menurunkan angka pengangguran lulusan.

4. Seni Komersial dan Desain Grafis

Banyak perusahaan tidak terlalu berminat untuk merekrut atau membutuhkan lulusan dari jurusan ini.

Seperti jurusan seni pada umumnya, kebanyakan lulusan dari jurusan ini adalah membuat pekerjaan sendiri atau berwiraswasta seperti membuka usaha jasa desain dan lain sebagainya.

Persentase pengangguran di dunia lulusan dari jurusan ini ialah 11,8%. Namun banyaknya platform startup penjualan desain grafis secara online seperti Fiverr, Upwork, dan lain-lain membuat kamu tak perlu pusing untuk menjual karya-karya desainmu dan membuka jasa desain sesuai keahlianmu.

5. Musik

Kebanyakan mahasiswa yang memilih jurusan ini tidak akan memikirkan pekerjaan apa yang akan didapat di masa mendatang.

Kebanyakan dari mereka memilih jurusan ini yaitu untuk menyalurkan hobi dan mengasah bakatnya agar hobinya tersebut bisa berkembang lebih baik.

Jika lulusan dari jurusan ini berhasil, mereka bisa berkarir menjadi musisi, penyanyi, artis, pengamat musik atau pekerjaan sejenis yang berhubungan dengan musik. Persentase pengangguran dari jurusan ini ialah 9,2%.

Namun jika bakat yang dimiliki diasah dengan sungguh-sungguh, maka bukan tidak mungkin justru jurusan ini adalah karir yang menjanjikan untukmu. 

6. Kebugaran Fisik dan Taman Bermain

Jurusan ini juga mungkin terdengar asing dan belum dikenal di telinga masyarakat Indonesia. Padahal jurusan ini ada di beberapa universitas terkemuka di dunia, lho! Meskipun tidak begitu bisa menjamin untuk memperoleh pekerjaan. Persentase pengangguran dari jurusan ini ialah 8,3%.

Itulah beberapa jurusan yang banyak diyakini masyarakat sebagai jurusan dengan prospek kerja yang rendah dan sulit mendapatkan pekerjaan. Namun bukan berarti ke 6 jurusan tersebut tidak bisa mendatangkan karir, bisa jadi jika kamu orangnya justru karirmu menjadi cemerlang. Good luck dan semoga bermanfaat ya! 

Sumber : detik.com

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Daisy Floren
Donna Hettinger Administrator

What's Your Reaction?

  • Like
    1
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow