Mengenal Perplexity yang Menjadi Trend di Dunia AI dan Bagaimana Cara Penggunaannya

Mengenal Perplexity yang Menjadi Trend di Dunia AI dan Bagaimana Cara Penggunaannya

Smallest Font
Largest Font

Harazakida.com - Siapa yang belum mengenal tentang Perplexity? Apakah nama ini familier buat para pecinta AI? Beberapa platform website menyebut-nyebut soal website ini.

Apa sih Perplexity AI itu?

Perplexity atau yang disebut Perplexity AI merupakan mesin pencari dan chatbot bertenaga AI yang melibatkan teknologi canggih seperti pemrosesan bahasa alami (NLP) serta pembelajaran mesin untuk keakuratan jawaban atas pertanyaan pengguna.  Website ini mirip seperti chat GPT, hanya saja web ini lebih dirancang untuk pencarian secara real-time dan banyak menunjukkan informasi terkini tentang berbagai topik.  

Kenapa dinamakan Perplexity? karena nama tersebut mencerminkan tujuan perusahaan dalam memberikan jawaban yang akurat dan informatif kepada pengguna atas pertanyaan mereka, meskipun pertanyaan tersebut rumit atau menantang.  Misi perusahaan perancang AI ini yang terdiri dari Andy Konwinski, Aravind Srinivas, Denis Yarats, dan Johnny Ho ini yaitu untuk “mendemokratisasikan akses terhadap pengetahuan” dengan mempermudah siapa pun untuk mempelajari dan mengeksplorasi topik-topik baru.

Perplexity AI ini masih dalam proses pengembangan awal atau belum sepenuhnya bisa diluncurkan dengan baik. Namun pengembangannya ini mengalami kemajuan yang meningkat. Akhir-akhir ini Perplexity mengembangkan sejumlah fitur lain, seperti kemampuan menghasilkan kode, menulis tabel, dan pemecahan masalah matematika. Penasaran bagaimana cara menggunakannya? Yuk, simak penjelasannya ya!

Cara menggunakan AI Perplexity

 Perplexity AI tersedia di web dan sebagai aplikasi untuk pengguna iPhone, sehingga mudah diakses oleh banyak pengguna.  Pengguna dapat mengakses Perplexity AI secara gratis dari situs web mereka.  Berikut langkah-langkah menggunakan Perplexity AI:

1. Kunjungi situs www.perplexity.ai
2. Ketik pertanyaan atau permintaan yang kamu ajukan ke kolom pencarian lalu klik panah biru.
3. Selanjutnya jawaban hasil pertanyaan kamu dari Perplexity AI ditinjau beserta  sumbernya
4. Ajukan pertanyaan lain dengan klik “Ajukan tindak lanjut” pada kolom bagian bawah.

 Fitur apa saja yang ada di Perplexity AI?

Perplexity AI mempunyai sejumlah fitur yang menjadikannya alat ampuh untuk menemukan dan membagikan informasi.  Berikut adalah beberapa fitur utama Perplexity AI:

 - Jawaban yang akurat dan komprehensif    atas pertanyaan pengguna, pencarian web secara real-time, dan akses PDF

 - Didukung oleh model bahasa besar

 - Gratis untuk digunakan

- Tersedia di web dan sebagai aplikasi untuk pengguna iPhone

- Mengutip sumber yang digunakan untuk memberikan jawabannya

 Keunggulan Perplexity AI dibanding yang lain?

 1. Akurasi: Perplexity AI memakai model bahasa besar (LLM) untuk memberikan jawaban yang akurat dan informatif atas pertanyaan pengguna.  LLM dilatih pada kumpulan data teks dan kode yang sangat besar, yang memungkinkannya memahami konteks pertanyaan dan memberikan jawaban yang relevan.

 2. Kelengkapan: Perplexity AI memberikan jawaban lengkap atas pertanyaan pengguna.  Dalam kata lain, jawaban tidak hanya memberikan informasi yang dicari pengguna, namun juga memberikan konteks dan informasi tambahan yang dapat membantu pengguna untuk memahami topik secara lebih mendalam.

 3. Transparansi: Perplexity AI memberikan transparansi tentang sumber jawabannya atau pengguna dapat melihat dari mana informasi tersebut berasal, sehingga membantu mereka mengevaluasi keakuratan dan keandalan informasi.

 4. Kegunaan: Perplexity AI mudah digunakan.  Antarmuka pengguna sederhana dan intuitif, dan pengguna dapat mengajukan pertanyaan dalam bahasa alami.
 Peningkatan berkelanjutan: Perplexity AI terus ditingkatkan.  Perusahaan terus menambahkan fitur baru dan meningkatkan keakuratan jawaban.

 5. Kutipan: Perplexity AI memberikan kutipan untuk sumber jawabannya.  Hal ini memungkinkan pengguna untuk memverifikasi keakuratan informasi dan mempelajari lebih lanjut tentang topik tersebut.

Jadi, setelah mengenal lebih tentang Perplexity AI, kamu lebih memilih Perplexity AI atau Chat GPT, nih?

Sumber : medium.com

Editors Team
Daisy Floren
Daisy Floren
Daisy Floren
Donna Hettinger Administrator

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow