Fresh Graduate Wajib Tahu: ini bedanya CV dan portofolio

Fresh Graduate Wajib Tahu: ini bedanya CV dan portofolio

Smallest Font
Largest Font

Harazakida.com - CV (Curriculum Vitae) dan portofolio merupakan dua dokumen penting dalam mencari pekerjaan atau proyek. Meskipun keduanya bertujuan untuk memperlihatkan kemampuan dan pengalaman seseorang, ada perbedaan mendasar antara keduanya yang perlu dipahami dengan baik.

CV: Rangkuman Profesional Anda

CV adalah ringkasan yang struktural dari riwayat hidup profesional seseorang. Ini mencakup informasi seperti pendidikan formal, pengalaman kerja, keterampilan, sertifikasi, dan kontak pribadi. Berikut beberapa poin penting terkait CV:

  1. Struktur Formal: CV memiliki format yang terstruktur dan umumnya mengikuti urutan kronologis dari pendidikan hingga pengalaman kerja terbaru.
  2. Riwayat Pendidikan dan Pengalaman Kerja: CV mencakup riwayat pendidikan formal dan pengalaman kerja terkait dengan jabatan atau posisi yang dilamar.
  3. Keterampilan dan Keahlian: CV memberikan gambaran tentang keterampilan dan keahlian yang dimiliki, seperti bahasa asing, keterampilan teknis, dan soft skills.
  4. Referensi: Beberapa CV mencantumkan referensi atau testimoni dari orang-orang yang dapat memberikan rekomendasi tentang kandidat.

CV digunakan untuk memberikan gambaran umum tentang latar belakang dan kualifikasi seseorang kepada calon pemberi kerja atau klien potensial.

Portofolio: Showcase Karya dan Prestasi Anda

Portofolio adalah kumpulan karya atau proyek yang menunjukkan kemampuan, kreativitas, dan pencapaian seseorang. Ini dapat berupa sampel karya desain grafis, proyek pengembangan perangkat lunak, artikel yang dipublikasikan, atau karya seni visual. Berikut beberapa poin penting terkait portofolio:

  1. Karya-Karya Terbaik: Portofolio berisi karya-karya terbaik yang mencerminkan kemampuan dan minat seseorang dalam bidang tertentu.
  2. Deskripsi dan Konteks: Setiap karya dalam portofolio biasanya disertai dengan deskripsi singkat, tujuan proyek, peran yang diambil, dan hasil yang dicapai.
  3. Diversifikasi: Portofolio mencakup variasi karya yang menunjukkan kemampuan dalam berbagai konteks dan tugas, memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang kemampuan seseorang.
  4. Platform Presentasi: Portofolio dapat disajikan dalam bentuk fisik (misalnya, buku cetak) atau digital (misalnya, website atau portfolio online), tergantung pada bidang dan preferensi individu.

Portofolio digunakan untuk menunjukkan hasil konkret dari kemampuan dan kreativitas seseorang kepada calon pemberi kerja atau klien. Ini memberikan gambaran yang lebih mendalam tentang apa yang dapat dilakukan oleh seseorang dalam situasi nyata.

Kesimpulan

Perbedaan mendasar antara CV dan portofolio terletak pada fokus dan konten keduanya. CV memberikan gambaran umum tentang latar belakang, pendidikan, dan pengalaman seseorang, sementara portofolio menampilkan hasil konkret dari kemampuan dan kreativitas yang dimiliki. Keduanya merupakan bagian penting dalam menggambarkan karir dan potensi seseorang, dan seringkali digunakan secara bersamaan untuk memberikan gambaran yang lengkap kepada calon pemberi kerja atau klien.

Editors Team
Daisy Floren

What's Your Reaction?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow